BincangSyariah.Com – Buku Panduan ibadah ramadhan ini merupakan salah satu series dari buku-buku tentang Ibadah di Bulan Ramadhan. Buku ini merupakan kompilasi dari beberap tulisan yang terkait tentang Puasa. Sebagaimana diketahui, bahwa puasa ramadhan ini merupakan ibadah yang khas.



Karena ia bersifat individu, hanya pribadilah yang tau ia berpuasa atau tidak. Karena puasa ibadah yang bersifat personal ini, dalam hadis qudsi Allah mengatakan, al-Shaumu Li Wa Ana Ajzi bi (Puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang memberikan ganjarannya).

Hadis Qudsi yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim ini ternyata memiliki makna yang mendalam. Meski ibadah puasa sebagai ibadah individu, fardu ‘ain bagi setiap orang muslim, berakal, akan tetapi puasa juga punya nilai sosial seperti anjuran memberi makan bagi orang-orang yang berpuasa. Ditambah lagi ketentuan untuk saling memaafkan sebelum puasa.

Di sisi lain, buku saku ini juga membicarakan beberapa persoalan hukum yang kerap muncul di tengah masyarakat. seperti bagaimana hukum puasas bagi renta, suntik bahkan Tidak hanya itu, buku ini juga menyedikan tips-tips bagaimana mampu tetap bersemangat menjalankan kegiatan selama puasa.

Tips-tips puasa sehat tersebut semoga bisa kita lakukan agar kita dalam keadaan puasa tetap semakin produktif dalam bekerja dan beribadah. Akhiran, semoga kita diberikan rahmat serta berkah dalam menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan.

Bagi Anda yang berminat membaca buku tersebut dalam versi luring (offline), silakan Anda bisa mengunduhnya pada tautan berikut ini:


Sumber Buku : bincangsyariah.com