Penulis
:
Heru Cahyono, Nyimas Latifah Letty Aziz, Moch. Nurhasim, Agus R. Rahman, R. Siti Zuhro
Editor
:
Heru Cahyono dan Nyimas Latifah Letty Aziz


Sejak tahun 2014, Pemerintah Indonesia telah menggelontorkan dana sebesar kurang lebih satu miliar rupiah bagi desa di seluruh pelosok negeri. Semangatnya adalah agar desa dapat melakukan perubahan dan pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan warganya. Sekian tahun telah berjalan, ternyata dampak yang dihasilkan dari pengimplementasian dana desa masih belum merata. Sebagian desa telah berhasil mengelola dana tersebut dengan efisien dan inovatif sehingga membawa perubahan yang nyata. Namun, tidak sedikit pula terjadi kasus penyimpangan, terbukti dari ratusan kepala desa yang tersangkut kasus korupsi dana desa.


Buku ini hadir di tengah-tengah dinamika dan problematika penggelontoran dana desa tersebut. Sudut pandang demokrasi dan kapasitas pemerintahan desa akan menjadi fokus utama untuk menjawab pertanyaan yang muncul terkait pengelolaan dana desa. Apakah pemerintah sudah menyiapkan regulasi dan aturan yang jelas terkait penyaluran dana desa? Seperti apa kondisi desa ketika menerima dan dana tersebut? Langkah apa saja yang dilakukan desa agar dapat mengelola dana desa dengan sebaik-baiknya?

Semoga buku ini dapat menjadi penerang sekaligus pegangan bagi para pihak yang ikut terlibat dalam pengimplementasian dana desa.

Selamat membaca!

Copyeditor
Ira Purwo Kinanti
Layouter
:
Astuti Krisnawati dan Meita Safitri
Cover designer 
:
Meita Safitri
Registrasi
:
ISBN 978-602-496-116-9
Halaman
:
xix + 249 hal.
Dimensi
:
A5 (14,8 × 21 cm)
©2020 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)